Inilah Tahapan Pembuatan Jalan Beton Supaya Kuat dan Kokoh

By | November 1, 2022
5/5 - (29 votes)

jalan beton dengan readymix

Tahapan Pembuatan Jalan Beton Supaya Kuat dan Kokoh. Berkendara di jalan yang mulus tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri saat berkendara. Berkendara di jalan yang mulus tentu kita tak perlu mengkhawatirkan akan adanya lubang di jalan.

Pembuatan Jalan Beton

Cara ini lazimnya susah di jumpai di ragam jalan aspal terlebih untuk ragam jalan kecil kecuali jalan utama antar kota. Melainkan dengan adanya ragam jalan beton, kenyaman berkendara hal yang demikian dapat Anda temukan.

Jalan beton mempunyai tingkat kekerasan yang lebih bagus di bandingi ragam jalan aspal dan jarang sekali mengalami kerusakan. Dengan cara kerja pembuatan jalan beton yang lebih kompleks tentunya juga patut mewujudkan jalan dengan kwalitas yang bagus.

Langkah Tahap Pembangunan Jalan Beton

Jalan beton juga memiliki ketahanan yang lebih bagus jika di lewati kendaraan berat sekalipun. Maka ragam jalan beton sekarang pelan-pelan mulai menggantikan jalan aspal yang di lewati kendaraan berat.

Akan namun cara kerja pembangunan jalan beton juga memang lebih susah di bandingi jalan aspal. Untuk lebih jelasnya, berikut yakni cara kerja pembangunan jalan beton secara simpel:

1. Perataan Permukaan Jalan

Sebelum di bangun menjadi jalan, tentu lokasi yang akan di bangun patut bersih dari bermacam-macam batuan besar, kayu dan bermacam-macam ragam kotoran lainnya. Pelbagai hal-hal yang demikian jika masih ada tentu akan memberi pengaruh kepadatan lapisan beton. Sesudah lokasi di bersihkan karenanya cara kerja berikutnya yakni pemadatan tanah yang akan di wujudkan jalan.

Progres pemadatan ini patut di laksanakan dengan bagus supaya nantinya tak ada tanah yang lebih miring. Tak ratanya lapisan tanah bisa memberi pengaruh tingkat kerataan permukaan jalan. Jika jalan beton yang akan di bangun yakni merenov jalan aspal yang telah ada, umumnya profesi ini di laksanakan pada setengah jalur jalan lebih dahulu. Cara ini tentu supaya setengah jalur jalan masih bisa di lewati kendaraan.

2. Pemberian Pondasi Untuk Beton

Progres berikutnya yakni memberikan tanah urugan pada lokasi yang akan di bangun jalan beton. Setelah urugan ini menerapkan batu makadam, urugan ini di laksanakan sampai menempuh ketebalan kurang lebih 30 cm. Ukuran batu yang di terapkan sebagai urugan jalan beton lazimnya lebih kecil di bandingi urugan pondasi rumah.

Sesudah urugan batu makadam sudah di beri, karenanya masih akan di tambahkan urugan menerapkan lapisan sirdam. Urugan kedua ini juga di laksanakan sampai menempuh ketebalan yang sama. Urugan kedua ini di terapkan untuk mengisi celah yang masih ada pada urugan pertama sebab menerapkan campuran kerikil dan pasir. Sesudah itu urugan akan di padatkan sampai total menerapkan vibrator beton.

3. Landasan Cor Beton

Progres berikutnya yakni menutupi lapisan pondasi. Hal yang demikian menerapkan hamparan plastik, hal ini di laksanakan untuk menutupi landasan cor beton. Setelah plastik ini di terapkan supaya air dari cor beton tak mengabsorpsi ke dalam tanah pondasi. Dengan seperti itu akan terwujud lapisan beton yang kokoh dan kuat untuk di wujudkan jalan.

4. Memasang Kerangka Beton

Sesudah di berikan lapisan plastik barulah di atasnya di beri kerangka besi tulangan beton / wiremesh sebagai lapisan beton decking. Setelah ketebalan besi kerangka ini yakni sekitar 8 mm yang di bentuk huruf S. Pemasangan tulangan ini bertujuan untuk memberikan batasan sekalian pengikat wiremesh pada lapisan bawah dan atasnya.

5. Progres Pengecoran Beton

Progres pengecoran beton yaitu langkah secara khusus dalam cara kerja pembangunan jalan beton. Tentu campuran beton ini haruslah di perhitungkan dan mempunyai kwalitas yang bagus. Seperti menggunakan beton cor, istilah penggunaan adalah ready mix atau di kenal dengan jayamix.

Sesudah beton telah di cor karenanya tutup kembali menggunakan plastik maupun karung goni pada permukaannya. Cara ini bertujuan supaya cara kerja pengerasan bisa terwujud dengan total. Sesudah mengeras umumnya beton masih memiliki gundukan-gundukan kecil. Maka di butuhkan tenaga kerja untuk menghaluskan dan meratakannya supaya jalan lebih nyaman di lewati.

Progres pengecoran ini akan berjalan dengan lancar jika di laksanakan pada cuaca yang cerah. Tentu dengan cuaca yang cerah karenanya beton akan lebih kencang kering dan perkerasannya akan optimal.

Melainkan bagaimana jika cara kerja pengecoran berlangsung saat cuaca hujan? maka ada prosedur tersendiri untuk hal-hal yang demikian.

6. Progres Pemadatan Beton

Sesudah beton telah mengeras, tentu tak serta merta jalan beton dapat lantas di lewati kendaraan. Jalan beton patut di pastikan lebih dahulu tingkat kekerasannya apakah telah memenuhi standar yang sudah di perhitungkan atau belum. Progres pengujian kekerasan jalan beton lazimnya di laksanakan menerapkan alat ukur kekerasan beton.

Melainkan sebelumnya umumnya beton akan di berikan penyiraman air selama 23 hari secara terus-menerus. Cara ini bertujuan supaya beton tak mengalami dehidrasi atau kekurangan air pada lapisannya.
Kadar air atau kelembaban beton juga akan memberi pengaruh kwalitas beton, maka di perlukan alat ukur kelembaban beton untuk mengujinya.

yakni sebagian cara kerja pembuatan jalan beton secara simpel. Dari penjelasan singkat hal yang demikian bisa kita simpulkan bahwa pemakaian alat ukur yang pas berkhasiat dalam pengujian kwalitas beton. Untuk itu pastikan Anda menerima alat ukur berkwalitas dari distributor beton cor terpercaya di sini.