5 Kelebihan Serta Kekurangan Beton Ready Mix

By | 13 December 2019

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Tidak ada satu pun produk dan teknologi di muka bumi ini yang sempurna. Begitu pula dengan teknologi dalam bidang konstruksi.

Saat ini, seperti yang kita ketahui beton mulai menunjukkan taringnya dengan mengeluarkan banyak inovasi salah satunya dengan lahirnya beton ready mix. Layaknya banyak produk lain, beton ready mix pun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda bisa tanyakan masalah harga beton cor Jakarta.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai 5 kelebihan dan kekurangan beton ready mix dibandingkan dengan beberapa jenis beton lainnya.

5 Kelebihan Beton Ready Mix

Sebelum mengetahui kekurangannya, mari kita mengenal kelebihan beton ready mix terlebih dahulu.

1. Lebih Praktis

Semakin maju teknologi, maka efektivitas menjadi sangat dituntut dalam setiap pekerjaan termasuk konstruksi. Dikirim dari batching plant ke lokasi pembangunan menggunakan mobil mixer dalam keadaan segar dan siap pakai. Tidak perlu melakukan proses pengecoran sehingga menjadi jauh lebih praktis. Silahkan baca harga beton cor jakarta pusat.

2. Mengurangi Polusi dan Limbah

Karena tidak membutuhkan proses pengecoran di lokasi pembangunan maka secara otomatis polusi dan limbah yang biasanya dihasilkan karena adanya pengecoran menjadi berkurang. Silahkan baca harga beton cor jakarta utara.

3. Hemat Biaya

Jika Anda memiliki proyek pembangunan yang cukup besar, maka menggunakan beton ready mix akan sangat menekan pengeluaran Anda dibandingkan jika Anda menggunakan beton konvensional yang sepenuhnya masih mengandalkan tenaga manusia. Silahkan baca harga beton cor jakarta timur.

4. Hemat Waktu

Menggunakan beton ready mix sudah otomatis akan menekan waktu pengerjaan pembangunan, hal ini juga dapat memengaruhi biaya yang Anda perlukan untuk membayar jasa. Beton ready mix dapat menghemat waktu karena diproduksi di pabrik menggunakan mesin dalam waktu cepat dan begitu dikirimkan beton ini siap untuk langsung digunakan. Silahkan baca harga beton cor jakarta selatan.

5. Mutu Terjamin

Beton ready mix dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Selain itu, beton ready mix juga dibuat dengan formulasi khusus di bawah pengawasan tenaga ahli dan juga harus melewati beberapa quality control test yang sudah disesuaikan dengan SNI. Silahkan baca harga beton cor jakarta barat.

5 Kekurangan Beton Ready Mix

Dimana ada kelebihan, disitu ada kekurangan. Sebuah pepatah yang sangat solid dan realistis. Begitu pula untuk ready mix. Memiliki banyak kelebihan, ready mix juga memiliki banyak kekurangan seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Harus Ekstra Cepat

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ragu menggunakan beton ready mix adalah karena pengerjaannya yang harus ekstra cepat. Mobil mixer berfungsi untuk membawa adonan beton ready mix dalam jumlah cukup banyak (3 – 7 m3) yang kualitasnya hanya dapat bertahan selama 2 jam saja. Jika lebih dari 2 jam maka kualitas beton akan menurun. Dan jika lebih dari 4 jam maka beton akan mengeras hingga tidak bisa digunakan kembali.

2. Minimum Order

Umumnya setiap produsen beton ready mix menetapkan minimum order. Biasanya untuk minimum order ialah 5 meter kubik untuk mobil mixer ukuran besar atau 3 meter kubik untuk mobil mixer kecil. Namun, harga beton ready mix untuk mobil mixer kecil sebetulnya menjadi lebih mahal dan memiliki selisih harga yang cukup besar dengan mobil mixer besar.

3. Tempat Produksi

Kekurangan beton ready mix yang berikutnya adalah tempat produksi atau batching plant yang terbatas. Hanya di tempat tertentu yang dekat dengan kota besar dan tidak berada di pemukiman.

4. Maksimum 50 Km

Tak hanya punya waktu yang terbatas. Jarak pengiriman beton ready mix pun juga terbatas. Standar pengiriman beton ready mix ialah hanya sekitar 20 km namun jika lebih dari itu maka Anda akan dikenakan charge tambahan. Sedangkan jarak pengiriman beton maksimumnya hanyalah 50 km.

5. Akses Jalan Cukup Sulit

Apakah Anda pernah melihat mobil mixer atau yang lebih dikenal dengan mobil molen? Jika iya, Anda tentu tahu sebesar apa mobil yang biasanya digunakan untuk membawa beton ready mix. Untuk ukuran kecil saja, mobil mixer memiliki tinggi sekitar 3.14 meter dengan lebar 2.2 meter dan panjang 5.5 meter. Sedangkan untuk ukuran besarnya, mobil mixer ini dapat menyentuh ketinggian hingga 4 meter , lebar 3 meter dan panjang 7.5 meter.

Ukuran mobil mixer yang cukup besar ini kemudian membuat beton ready mix agak sulit dikirimkan ke tempat tertentu yang harus mengakses jalanan sempit.

Tak cuma besar, mobil mixer ini juga berat. Sekitar 15 ton untuk ukuran kecil dan 25 ton untuk ukuran besar. Jika mobil ini harus melalui jalan dengan kontur yang labil, maka dapat mengakibatkan ambles.

Itulah mengapa biasanya beton ready mix lebih banyak dilirik oleh para kontraktor gedung pencakar langit atau pembangunan jalan besar.