Ingin Membuat Dak Beton? Perhatikan Ini Dulu!

By | 30 October 2019

cara membuat cor dak beton

Dak beton merupakan jenis konstruksi bangunan yang sering ditemukan dimana-mana. Meskipun pada sebuah bangunan itu pasti terdiri atas beberapa alemen konstruksi, seperti dinding, pondasi, dan atap. Namun tentunya dak ini merupakan konstruksi yang sering diutamakan terlebih dahulu pada sebuah bangunan. Mau tahu alasannya? Simak ulasan berikut selengkapnya!

Pada dasarnya dak beton itu sendiri artinya adalah pembatas pada lantai bawah dan atasnya. Namun, dalam praktiknya, dak kerap ditujukan menjadi konstruksi yang ada pada bagian teratas bangunan. Bahan pembuatannya pun tidak sama. Ada yang dari tanah liat, kayu, maupun beton. Artinya adalah pembatas lantai dan bagian atap yang berasal dari beton.

Cara pembuatannya biasanya menggunakan langkah konvensional. Yaitu menggunakan sistem pabrikasi atau cor beton. Dak ini digunakan untuk pelat pembatas lantai rumah, maka proses pembuatannya harus dilakukan dengan teliti dan benar, supaya keamanan dan kekuatannya terjamin dengan baik.

Sementara itu, untuk kharakteristik dari dak ini harus punya 4 poin utama, yaitu, dak dari beton yang baik harus kuat/solid, pengerjaannya rata dan halus, efisien, dan ekonomis. Bila dak di rumah Anda sudah bisa memenuhi 4 poin utama tersebut, artinya sudah bagus. Dak harus solid karena untuk menahan beban.

Tips Membuat Dak Beton

Setiap kontraktor profesional pasti akan membuat dak dari beton menggunakan perhitungan dimensi lantai. Supaya mereka tahu berapa banyak bahan, material, dan peralatan yang dibutuhkan. Misalnya saja seperti jumlah bor dan tim kerja yang diharapkan. Timing wajib diperhitungkan juga supaya hasilnya tidak melengkung dan retak. Itu sebabnya dimensinya harus dihitung dengan teliti.

Selain menghitung dimensinya, jumlah besi tulangannya harus dihitung dulu supaya ukurannya sesuai dengan ruangannya. Pemakaian besi berlebihan sangat tidak dianjurkan karena bisa membuatnya boros. Selanjutnya, perhatikan ketebalan daknya. Ketebalan harus cukup untuk menahan tekanan. Biasanya, dak ini dibuat dengan ketebalan 12 cm. Sedangkan untuk atap, biasanya menggunakan ketebalan lebih dari 8 cm.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menyesuaikan antara kebutuhan struktur dan kualitasnya. Khususnya benda yang akan ditaruh pada ukuran beban tidak lazim. Misalnya saja, bila Anda ingin menambahkan brankas di bagian tertentu lantai atas, maka hal ini wajib diperhitungkan. Proses pengadukan bahan juga harus merata supaya hasilnya lebih bagus.

Komposisi bahan adukan juga harus pas. Jangan terlalu kental maupun terlalu cair. Selain itu, juga tidak boleh ada segregasi/ butiran yang terpisah, karena itu bisa mempengaruhi kualitas pengerjaan dari dak itu sendiri. Kemudian, sebaiknya lakukan penyiraman air supaya tidak terjadi pengerasan dak sebelum waktunya. Anda bisa menggunakan kain basah dulu.

Kelebihan dan Poin Penting dari Dak Beton

Atap yang menggunakan beton bisa digunakan untuk memberikan tambahan ruang daripada yang model atap tertutup dan runcing, karena bentuk atap ini datar seperti pantai rumah pada umumnya. Penggunaan dak dari beton membuat tinggi bangunan bertambah, misalnya saja dari rumah 3 lantai menjadi 4 lantai.

Selain itu, konstruksinya juga kuat dan tidak mudah rusak. Hal ini memberikan poin plus tersendiri untuknya. Bahkan disaat ada cuaca panas, hujan, dan terpaan angin kencang itupun tidak akan terpengaruh sama sekali. Dak dari beton tetap saja akan berguna menjadi atap yang kuat sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca Juga: Harga Beton Cor Ready Mix Jayamix dan Sewa Pompa Beton Murah 

Bahkan, dengan ketebalan yang sesuai, ternyata dak dari beton bisa meredam panasnya sinar matahari dengan sempurna. Untuk menambah kesempurnaan dan kenyamanan, banyak orang masih sering menambah palfon gypsum pada langit-langitnya. Dilihat dari estetikanya juga lebih baik saat ditambahkan dengan palfon gypsum pada bagian ini.

Tidak hanya itu saja, yang membuatnya lebih unggul dari lainnya adalah dari segi perawatannya. Dak dari beton itu minim sekali terhadap biaya perawatan. Selain itu, dak ini juga sangat mudah dibersihkan. Anda tidak harus memberikan hiasan atau melakukan pembersihan khusus, karena cara perawatan dak beton bisa dilakukan dengan langkah sederhana.